09 January 2011

Flashing mp3 player | atj 2111L

artikel tik img
sedikit sharing nih, tentang memperbaiki mp3 player blank Beberapa minggu yang lalu MP3 player adik ku(jenis chipnya ATJ 2111 L) mendadak nge-blank alias gak keluar apapun di LCD mp3 player itu, setelah di hidupin gak keluar tulisan "starting..." dan tulisan merk mp3 player nya juga gak keluar(padahal biasanya keluar). otomatis aku langsung bingung, orang gak pernah jatuh kok tiba-tiba mendadak rusak gini.
Tapi aku pernah menddengar kalau barang elektronik seperti mp3 player, mp4 player, HP,dll itu sering dilanda masalah secara software dan penyembuhannya melalui instal ulang firmwarenya, atau bahasa kerennya "flashing". lalu aku browsing ke om google untuk mencari informasi dan panduan untuk flashing mp3 player itu. setelah beberapa artikel aku baca, akhirnya aku memahami step by step flashing mp3 player.



oke, berikut saya jelaskan cara - caranya.
langkah pertama, kita harus mengetahui data "jeroan" mp3 player yang akan kita flashing, untuk mengetahuinya kita harus membuka nya. langkah ini kita perlukan karena data-data itu nantinya akan kita gunakan untuk mencari firmware yang tepat, karena merk dari mp3 player tidak bisa digunakan untuk mencari firmware yang tepat. Data yang kita perlukan itu adalah kode dari:
  1. PCB Board (papan berwarna hijau tempat komponen-komponen termasuk chip di solder)
  2. Processor mp3 player,kodenya mirip-mirip seperti pada judul artikel ini. untuk yang masih bingung kodenya itu berawalan ATJ, silahkan anda cari kode seperti itu kalau pada kasus adikku ATJ 2111 L.
  3. menurut salah satu artikel yang pernah saya baca, kode pada kabel LCD juga diperlukan, tapi pada kasus saya ini saya tidak menemukan kode itu jadi saya tidak mencatat kodenya (kodenya aja gak ada, apanya yang mau dicatat..haha..)
langkah kedua yaitu mencari firmware yang tepat untuk player kita yang bisa kita peroleh dengan bantuan om google, caranya dengan memasukkan kode - kode yang telah kita peroleh tadi pada kotak pencarian om google. maka muncul banyak pilihan situs yang menyediakan file firmware yang kita cari, pada tahap browsing ini saya tidak menjelaskan secara rinci bagaimana untuk berburu. pokonya cari yang sesuai dengan kode - kode tersebut dan biasanya file firmware itu berekstensi *.fw yang biasanya dikompres menjari .rar atau .zip.
langkah berikutnya adalah mencari software flasher mp3 player. software ini berfungsi untuk memasukkan file firmware ke mp3 player melalui kabel mini USB. berikut software yang bisa anda gunakan: product software for flashing mp3 player

langkah berikutnya yaitu flashing, memasukkan file firmware hasil kita berburu tadi ke mp3 player melalui software flasher tadi. alat yang kita butuhkan selain komputer tentunnya adalah kabel USB untuk menghubungkan mp3 player dengan komputer (itu loh kabel mini USB yang biasanya udah dapet saat pembelian mp3 player yang biasanya untuk menambahkan lagu ke mp3 player).
berikut step by step flashingnya:
  1. Instal software flasher tadi
  2. hubungkan mp3 player dengan komputer dengan kabel USB
  3. jalankan software flasher
  4. cari pilihan pada software flasher untuk mencari file firmware hasil berburu tadi
  5. langkah terakhir klik OK, start, flash atau tombol-tombol senada dan tunggu hingga proses selesai.
  6. hidupkan mp3 player tersebut untuk mengecek apakah proses flashing tersebut berhasil.
tapi kadang ada kasus dimana flashing dengan cara langsung seperti yang diatas tidak berhasil, dan harus dengan menggunakan cara dum flashing, saya akan memposting cara ini pada posting selanjutnya
selamat mencoba.

UPDATE
berikut penulis sudah mendapat firmware untuk ATJ 2111 L
firmware ini sudah penulis berhasil coba pada mp3 player merk Websong WS-312
download firmware ATJ 2111 L

2 komentar:

jam tangan alexandre christie said...

Nice tutorial gan ya
sangat bermanfaat :-bd
makasih

Hendy Ardianto said...

sama sama, terimakasih sudah berkunjung

Post a Comment

silah kan anda komentar,, artikel-tik.blogspot.com