08 April 2011

Hati - hati dengan akun Facebook anda

Dijaman yang udah modern dan serba digital (apalagi sekarang lagi musim Cloudcomputing, apa itu?? nanti penulis bahas lain kali saja) , internet bisa jadi kebutuhan penting. tidak percaya? berapa sering anda membuka akun status jejaring sosial anda? seperti facebook atau twiter? atau mencari bahan tugas di internet (bagi siswa)?
Tapi paling sering mungkin buka Facebook (seperti penulis..hehe..). tapi sadarkah anda banyak diluar sana penjahat internet yang melakukan kejahatan-online tren sering disebut cybercrime yang banyak mengincar username dan password Facebook, e-mail atau rekening Paypal anda atau apa saja. mungkin anda bertanya, untuk apa mereka mencuri itu? tentu saja karena UANG. lalu apakah mereka akan menjual akun Facebook atau E-mail saya?? tentu tidak!. Setelah mereka mendapat username dan password Facebook misalnya,
mereka akan login dan berusaha mengganti passwordnya, sehingga yang mempunyai akun Facebook tersebut tidak bisa login. kemudian, seperti kasus cybercrime yang baru - baru saja terjadi di Indonesia, para pencuri/penjahat tersebut akan pura-pura menjual produk berharga miring dengan memposting atau meng upload tulisan yang seakan - akan yang mempunyai akun sendiri yang mengupload tulisan (atau apapun) tersebut. dan akibatnya,orang yang mengira "usaha jualan suatu produk" tersebut memang ada/nyata akan membeli produk itu, tetapi setelah  mentransfer uang untuk membeli produk tersebut, barang tak kunjung datang. jadi pap tujuan mereka??? UANG kan dengan cara mencuri username dan password suatu akun dan kemudian menipu secara online. Dan kasus ini tidak hanya berlaku bagi akun facebook saja, tetapi email juga. Beberapa bulan yang lalu Butet kertarajasa juga kena tipu, pasalnya dia dikirimi e-mail dari temannya dan bunyi pesannya itu bahwa ia menyuruh Butet mentransfer sejumlah uang kepadanya karena suatu alasan, dan seperti yang anda pikirkan Butet mengirim uang, tetapi setelah di usut ternyata teman Butet tersebut tidak mengirimi dia pesan melalui e-mail. Lalu siapa?? tentu saja seorang pencuri yang telah berhasil mencuri username dan password e-mail teman Butet tersebut.

jadi, hati hati dengan akun Facebook anda.
Lalu bagaimana seorang pencuri bisa mencurinya?? dan bagaimana cara menghindarinya??
penulis akan membahasnya pasa artikel tik selanjutnya.
semoga bermanfaat

update
postingan lanjutan: Hati - hati dengan akun Facebook anda #2

0 komentar:

Post a Comment

silah kan anda komentar,, artikel-tik.blogspot.com